Selasa, 27 September 2011

Whisful Thinking - Sirkus Penulis #12

WISHFUL THINKING

'Tugas' penulis, salah satunya, adalah membangun impian indah para pembaca tulisannya. Karya-karya yang memproyeksikan harapan indahnya, keadaan yang tidak tercapai dalam kehidupan nyatanya.
Karenanya muncullah tulisan berupa simbol-simbol kehebatan, kemewahan, pencapaian yang seringkali berlebihan. Sebagai hiburan  tentulah menyenangkan dan tidak ada salahnya. Tapi kelemahan karya yang terlalu menonjolkan mimpi adalah, lagi-lagi, berumur pendek. Ketika impian berakhir seiring selesainya sebuah bacaan, maka pembaca kembali menemukan realita kesehariannya. Dia akan mencari lagi karya yang menyadarkannya bahwa hidup tak seindah impian, dan karya yang ingin dibacanya adalah karya yang tak sekedar memberikan hiburan, tapi sekaligus pencerahan dan syukur-syukur sebuah solusi.

Menjadi tantangan penulis yang keren untuk bisa memadukan banyak aspek. Hiburan sekaligus pencerahan. Dua hal ini menjadi pijakan awal penulis ketika memulai berproses kreatif, tapi jangan kemudian menjadikannya beban untuk 'berdakwah'.
Mainkan akrobatmu! 


Oleh : Donatus A. Nugroho


Komentar


Fuan Arencsid :
Hiburan sekaligus pencerahan, Bagaimana memadukan kedua hal itu Om, agar cerita yang kita ramu makin enak rasanya....

Donatus A. Nugroho :
padatkan jam terbangmu, Fuan Arencsid. Hanya itu, sambil perbanyak baca karya orang lain.

De'fa Fatmawati :
jadi inget waktu saya baca novel pertama dalam hidup saya "Siti Nurbaya" kaadaannya seolah-olah nyata buat saya,,,, ampek kebawa-bawa mimpi,,,, *kapan bisa nulis kayak gitu y???

Donatus A. Nugroho :
De'fa Fatmawati menulis feature dengan baik. hanya lompatan kecil untuk sampai ke fiksi.

De'fa Fatmawati :
om DAN,, so what must i do?

Donatus A. Nugroho :
Bebaskan impian masa kecilmu... spread your wings ... your wishful thinking, De'fa.

Zen Horakti :
Menulis yang lebih luas dan diterima oleh banyak orang. Itu memang tantangan dan kita harus bisa menghadapinya....

Titie Surya :
Eeeehm tricky bagian dari sirkus menulis juga kan mas Don? artinya, seorang penulispun harus tricky mensiasati keadaan yang mungkin bisa membuatnya mengalami writing block, beku ide, mati gaya dan lain-lain.

Sumber :
      

0 komen: