Senin, 19 September 2011

Memperluas Surroundings - Sirkus Penulis #8

MEMPERLUAS SURROUNDINGS

Bagi penulis, The Surroundings (lingkungan) tidak terbatas pada keadaan fisik yang ada di sekitarnya. Pengalaman batin, termasuk pengalaman masa lampau, adalah modal yang menjadikan penulis menjadi 'kaya'.

Penulis memperkaya pengalaman dirinya dengan pengamatan dan penilaian (sendiri atau orang lain). Membaca, menonton dan berdiskusi (atau sekedar mengobrol) hendaknya menjadi pilihan pertama ketika kita memiliki waktu luang. Membuat catatan amat penting, mengingat keterbatasan daya ingat manusia.

Jadi, meski penulis tidak bergerak dari ruang kerjanya, ia bisa berjumpalitan kesana-kemari, dengan banyak cara untuk memperluas lingkungannya. Melompat ke banyak dimensi, sesuai dengan kebutuhan tulisannya.

Dan itu semua dilakukannya dengan sengaja!


Oleh : Donatus A. Nugroho


Komentar :



Ernanto Pamungkas :
pangamatan seperti apa yang bisa kita lakukan karena lingkungan kita sangat terbatas ..Donatus A. Nugroho...dikantooorrr. terus...di jalannn terus..di rumah makan terus...


Kimmy Chan :
kantor itu kan tempat banyak orang. amatin aja tingkah orang2 sekitar, ato sekedar dengerin curhat ato gosip pasti bisa

Ceko Spy :
Mas, mungkin gak Penulis membuat dunianya sendiridengan tulisan genre fantasy tapi tanpa referensi lingkungan yang pernah ia lihat sebelumnya?

Donatus A. Nugroho :
Mungkin banget, bikin dunia sendiri, Ceko Spy.


Ceko Spy :
Tapi aku baca biografi J.K Rowling, dia bikin sekolah hogwart dan segala macam alat sihir termasuk kereta terbang karena ia mengadaptasi dari lingkungan yang ia lihat di sekitarnya.



Sumber :
Perpustakaan Yayasan Cendol Universal NikkO + MayokO AikO

0 komen: