Sabtu, 24 September 2011

(Sengaja) Beropini - Sirkus Penulis #10

(SENGAJA) BER-OPINI

Kreatifitas (menulis) itu bersifat pribadi dan subyektif. Proses kreatif dan hasilnya pun sangat personal. Jadi tidak perlu cemas jika karya kita berbeda dengan yang lain. Malah seringkali pandangan penulis berbeda dengan apa yang diyakini orang pada umumnya.
Disinilah kelebihan penulis yang bisa dengan sengaja melahirkan OPINI. Lalu setelahnya juga siap untuk mempertanggungjawabkan apa yang ditulisnya.

Benar secara format (tulisan),  lalu siap berargumentasi. Karena seringkali tulisan tidak berhenti begitu saja setelah selesai ditulis/dibaca.


Oleh : Donatus A. Nugroho

Komentar :

Topan Adi Al-Batawi :
Saya nyaris selalu beropini dalam tulisan saya. "Karena seringkali tulisan tidak berhenti begitu saja setelah selesai ditulis/dibaca." maksudnya apa ya, Suhu Donatus A. Nugroho yang keren?

Donatus A. Nugroho :
Beberapa tulisan menjadi punya banyak dimensi dan persepsi. Sudut pandang orang yang berbeda. Yang ringan menimbuklkan diskusi, yang berat jadi kontroversi. Tugas penulis untuk mempertanggungjawabkan kebenaran tulisannya.

Ocuz Wina S :
kalo kita buat cerita tentang artis misalnya, suka-suka kita juga kan ya, Uncle? Dan kalo jauh berbeda dengan yang diberitain sama infotainment juga gak pa-pa kan?

Donatus A. Nugroho :
gapapa, Ocuz.

Erva Desri Aryanti :
Yey! Om Donat muncul lagi, om. .om. . Mengungkapkan opini dgn baik itu gimana??
   
Donatus A. Nugroho ‎:
Erva Desri : Opini yang baik adalah opini yang bisa kita pertanggungjawabkan kebenarannya. Ada teori, dalil dan fakta yang mendukung.


Sumber :
Perpustakaan Yayasan Cendol Universal NikkO + MayokO AikO

0 komen: