Jumat, 20 Juli 2012

Peluang Tulisan Saat Ramadhan - Jumat Cendol

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan penuh berkah, bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir batin kalo Icha punya salah, baik yang sengaja maupun gak sengaja. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan :). Semoga segala keberkahan berlimpah kepada kita. Amiiin ^_^

Terima kasih untuk Suker Don dan Mbak Dela yang udah kasih kesempatan Icha buat berbagi di Jum’at Cendol hari ini. Tema Jum’at Cendol hari ini adalah “Peluang Tulisan Saat Ramadhan.”
Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah, tak terkecuali berkah untuk penulis, hehe. Kenapa? Karena di bulan ini menjadi momen khusus yang hanya datang satu tahun sekali, dan banyak media yang mencari tulisan-tulisan All About Ramadhan.

Jangan berpikir tulisan Ramadhan hanya berisi tentang hadits, ayat-ayat Al Qur’an. Penulis yang tidak menjalankan puasa pun bisa ikut menulis tentang Ramadhan, karena banyak jenis tulisan yang dicari media,J. Ada banyak tulisan yang bisa kita buat untuk kemudian dibombardirkan ke media. Tulisan apa aja sih?

Cerpen :
Bagi cendolers pasti udah gak asing dong dengan cerpen. Cerpen menjadi salah satu jenis tulisan yang dicari media saat Ramadhan, tentu saja dengan kisah-kisah seputar puasa.

Puisi :
Puisi juga menjadi salah satu tulisan yang dicari media, dengan adanya Ramadhan, media pun berubah menjadi religius, hehehe.

Resensi :
Punya buku-buku bagus dan baru yang bisa diresensi? Bisa tuh dikirim resensinya ke media.

Esai :
Buat cendoler yang ‘serius’, bisa nih nulis-nulis esai. Misal pendidikan karakter lewat pesantren kilat, atau apakah koruptor puasa korupsi di bulan Ramadhan :D

Artikel Pop:
Artikel Ramadhan nggak harus menyuplikkan hadits atau ayat Al Qur’an, yang penting berisi tentang kebaikan. Misal, buat cendolers yang konsen di bidang kesehatan, bisa menulis artikel tentang cara menjaga kesehatan di bulan Ramadhan. Buat cendolers yang hobi jalan-jalan, bisa menulis artikel tempat ngabuburit mana sih yang asyik.

Resep Masakan :
Nah, bagi yang hobi masak, ada beberapa tabloid yang juga menerima kiriman resep masakan, cendolers bisa tuh kirim-kirim resep khas keluarga ke media :D
Tuh, kan banyak pilihan tulisan untuk dicoba. Bulan puasa, jangan puasa menulis juga, lho. Bulan Ramadhan, saatnya menebar kebaikan lewat tulisan :D.

CC : 
Kepsek Mayoko Aiko
Seluruh Jajaran Petinggi Cendol

Oleh : Richa Miskiyya

Komentar :

Sumber :

0 komen: