Senin, 07 November 2011

Gelisah, Selalu Bergerak dan Merdeka - Sirkus Penulis #17

GELISAH, SELALU BERGERAK DAN MERDEKA

Ciri-ciri orang kreatif (baca penulis), salah satunya adalah gampang gelisah. Situasi tertentu yang bagi orang lain tak penting dan dianggap masalah kecil, bisa penting bagi seorang penulis dan menjadi modal dasar bagi munculnya ide dan tulisan yang luar biasa.

Orang kreatif selalu terusik bahkan dalam situasi yang paling sunyi sekali pun.
Sirkus Penulis mengingatkan para calon penulis untuk tidak tinggal diam. Saat diri merasa gelisah, itu saatnya untuk begerak dan menghasilkan sesuatu dengan hasil ganda: Pertama, kegelisahan hilang karena tersalurkan dalam luapan emosi yang tertuang dalam tulisan. Kedua, tulisan yang lahir dari kegelisahan biasanya bagus dan berisi, karena muncul sebagai bentuk pemberontakan atau sekedar keinginan untuk berbagi.

Selalu bergerak tidak berarti penulis harus keluar dari ruang nyamannya dan menghirup udara bebas sambil bertualang untuk melengkapi tulisannya. Secara fisik penulis boleh diam, tapi pikiran dan imajinasinya memecahkan sekat dan kebuntuan, akalnya mencari kebenaran dengan banyak media yang bisa memudahkannya.

Seorang kreator tidak pasif. Ia tidak menunggu order, tidak menanti ajakan, tidak menanti lomba, tidak terikat pada kelompok-kelompok kecil atau besar yang membelenggu kreatifitas dan produktifitasnya. Ia adalah orang merdeka yang boleh menentukan nasibnya sendiri. Maka kelompok hanyalah arena untuk mematangkan diri, belajar-mengajar, memperluas jaringan dan berkompetisi secara sehat. Selanjutnya ia berhak untuk mengeksploitasi kemampuannya kemana dan dimana dia suka, sebanyak-banyaknya.


Oleh : Donatus A. Nugroho

Komentar :

Murni Turmiyati :
Penulis yang baik adalah penulis yang peka pada situasi atau kejadian disekitarnya dan menjadikan peristiwa itu sebagai ladang inspirasi baginya dalam berkarya...

#efek masih nglindur...
...ZZzzZ_ZzZz-ZzZzZzZ_....

Pio Andre :
Aku lebih menganggap 'gelisah' di sini adalah keinginan kuat untuk menulis, dan kegelisahan itu akan hilang jika sudah tersalurkan. Tapi aku lebih gelisah dan nggak tenang kalau tulisan nggak kelar-kelar, hehe...*grrr*



Sumber :
Perpustakaan Yayasan Cendol Universal NikkO + MayokO AikO

0 komen: